Judul ArtikelANALISIS PERANCANGAN DAN PENGUKURAN KERJA P ADA LINE WELDING STAND COMP MAIN TYPE KZRA UNTUK MENGOPTIMALKAN JUMLAH OPERATOR (STUDI KASUS DI PT DP)
Judul TerbitanJurnal : Teknik & Ilmu Komputer
ISSN 20893647
Bahasa ind
Tempat Terbit Jakarta
Penerbit UKRIDA PRESS
Frekuensi Penerbitan 4 x 1 tahun
Edisi No. 21 / Vol.6 / January 2017
  
Penulis Aris Rubianto , Muhammad Khoil
Abstraksi PT DP merupakan salah satu perusahaan manufaktur di Indonesia yang bergerak di bidang otomotif, baik roda empat maupun roda dua. Sesuai dengan tujuan perusahaan, maka perusahaan hams siap menghadapi persaingan global dimana setiap industri dituntut untuk menghasilkan produk dengan harga yang kompetitif, kualitas lebih baik, delivery on time, serta proses yang lebih efisien disertai dengan biaya yang rendah. Kondisi sebelum dilakukan perubahan proses, untuk proses produksi Stand Comp Main type KZRA diproduksi secara welding manual sehingga beban pekerjaan operator tinggi yang berpengaruh terhadap fisik dan kualitas barang yang dihasilkan. Metode yang dipakai untuk aktifitas perbaikan adalah line balancing dengan mengganti proses welding manual menjadi robotic sehingga dapat mengurangi beban kerja operator dan menghasilkan kualitas welding yang lebih stabil tanpa mengurangi hasil produksi. Hasil analisis menyatakan bahwa dengan adanya perbaikan pada Line Welding Stand Comp Main type KZRA dapat mengurangi jumlah stasiun kerja menjadi tujuh stasiun kerja dengan tujuh operator, untuk Line Efficiency naik menjadi 96,7%. Nilai efisiensi yang dihasilkan berupa penurunan idle time menjadi 7,5 detik, penurunan balance delay menjadi 3,3%, serta efisiensi biaya berupa cost reduction sejumlah Rp.5.760.000,-ibulan untuk reduce dua orang operator per shift.
Kata Kunci produktivitas, efisiensi, line efficiency, idle time, yamazumi
Lokasi P25
  
Cetak PDFanalisis-perancangan-dan-pengukuran-kerja-p-ada-line-welding-stand-comp-main-type-kzra-untuk-mengoptimalkan-jumlah-operator-studi-kasus-di-pt-dp
Format XMLXML Journal

Berbagi Pengetahuan dan Informasi

Silahkan Bergabung