Judul ArtikelPENGARUH TINGKAT PENCAHAYAAN DAN KEBISINGAN TERHADAP KECEPATAN KERJA MEKANIK AHM (STUDI KASUS: HONDA CATUR PUTRA JAYA AHASS 06703)
Judul TerbitanJurnal : Teknik & Ilmu Komputer
ISSN 20893647
Bahasa ind
Tempat Terbit Jakarta
Penerbit UKRIDA PRESS
Frekuensi Penerbitan 4 x 1 tahun
Edisi No. 21 / Vol.6 / January 2017
  
Penulis Hendy Tannady, Filscha Nurprlhattn, Steven Chandra
Abstraksi Pencahayaan clan kebisingan merupakan bagian dari lingkungan kerja fisik yang dapat memengaruhi kinerja mekanik. Semakin baik pencahayaan clan kebisingan di suatu tempat kerja akan meningkatkan produktivitas serta kenyamanan pekerja sehingga kinerja karyawan akan menjadi optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang serta memahami sistem pencahayaan dan kebisingan yang dapat memengaruhi kinerja operator. Penelitian ini dilakukan di Honda Catur Putra Jaya AHASS 06703. Objek penelitian ini adalah seorang mekanik Honda yang sedang memperbaiki motor. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi langsung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design Of Experiment dengan menggunakan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pencahayaan memengaruhi kinerja mekanik dalam bekerja, sedangkan faktor kebisingan tidak memengaruhi kinerja mekanik dalam bekerja. Kinerja mekanik yang terbaik pada saat pencahayaan 167 Lux, sedangkan kebisingan tidak memengaruhi kinerja mekanik akan lebih baik jika mengikuti standart kebisingan. yaitu 85 dB.
Kata Kunci pencahayaan, kebisingan, kinerja mekanik
Lokasi P43
  
Cetak PDFpengaruh-tingkat-pencahayaan-dan-kebisingan-terhadap-kecepatan-kerja-mekanik-ahm-studi-kasus-honda-catur-putra-jaya-ahass-06703
Format XMLXML Journal

Berbagi Pengetahuan dan Informasi

Silahkan Bergabung