Judul ArtikelAnalisis Dampak Beban Overloading Kendaraan pada Struktur Rigid Pavement Terhadap Umur Rencana Perkerasan (Studi Kasus Ruas Jalan Simp Lago - Sorek Km 77 SID 78)
Judul TerbitanJURNAL TEKNIK SIPIL Jurnal Teoretis dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil
ISSN 08532982
Bahasa ind
Tempat Terbit Bandung
Penerbit ITB Bandung
Frekuensi Penerbitan  
Edisi No. 2 / Vol.19 / August 2012
  
Penulis Leo Sentosa, Asri Awal Roza
Abstraksi Sebagai salah satu jalan negara, Jalan Lintas Timur Sumatera memiliki peran penting dalam pengembangan perekonomian nasional. Terutama pada ruas Lago - Sorek, ada beberapa daerah industri seperti pabrik pulp dan kertas, serta minyak sawit mentah (CPO). Masalah yang berulang kali terjadi adalah kerusakan jalan dan pengurangan umur layan perkerasan jalan, hal ini sering disebabkan oleh kelebihan beban kendaraan. Evaluasi perkerasan kaku dilakukan pada ruasjalan Lago - Sorek di Km 77-78. Untuk mengevaluasi struktur perkerasan kaku digunakan metode AASHTO 1993. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumbu beban kendaraan lebih dari 17,98% melebihi beban gandar maksimum. Jika dihitung dengan kondisi overload maka terjadi penurunan umur layan sebesar 8 tahun dari 20 tahun umur rencana. Jika dihitung menggunakan persamaan kehidupan Sisa dari, AASHTO 1993 penurunan dalam kehidupan pelayanan usia 25,94%. Jika di hitung menggunakan persamaan Remaining life dari AASHTO 1993, terjadi pengurangan umur layan sebesar 25,94%.
Kata Kunci Perkerasan kaku, overloading, esa (gandar standard setara), umur perkerasan
Lokasi P161
  
Cetak PDFanalisis-dampak-beban-overloading-kendaraan-pada-struktur-rigid-pavement-terhadap-umur-rencana-perkerasan-studi-kasus-ruas-jalan-simp-lago-sorek-km-77-sid-78
Format XMLXML Journal

Berbagi Pengetahuan dan Informasi

Silahkan Bergabung