ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN FISIK KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA

OPAN PRAMONO [30400931],ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN FISIK KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA ,SKRIPSI

ABSTRAKSI

Lingkungan fisik kerja memiliki peranan dalam menentukan suatu kondisi kerja. Faktor lingkungan fisik kerja seperti tingkat pencahayaan, musik, dan temperatur seringkali diabaikan, padahal faktor ini turut menunjang keberhasilan kerja. Suatu pekerjaan dapat dilakukan dengan baik apabila kondisi bekerja sudah optimal. Ketidaknyamanan pada lingkungan kerja akibatnya dapat terlihat dalam waktu yang relatif lama, salah-satunya adalah menurunnya produktivitas yang dihasilkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat pencahayaan, kebisingan, temperatur, dan dan interaksinya terhadap jumlah produktivitas yang dihasilkan. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data banyaknya jumlah produksi tahu yang dihasilkan dari 18 kondisi ruangan kerja yang telah diatur dengan 2 kali pengulangan untuk masing-masing kondisi. Perangkat lunak SPSS 10.00 digunakan untuk mengolah data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor fisik lingkungan kerja yang berpengaruh terhadap produktivitas tahu yang dihasilkan adalah faktor tingkat pencahayaan dan musik. Faktor temperatur serta interaksi dari masing-masing faktor tidak berpengaruh terhadap produktivitas yang dihasilkan. Setelah dilakukan uji lanjutan dengan uji Duncan didapat kesimpulan bahwa terdapat perbedaan nyata antara level untuk faktor-faktor yang berpengaruh. Faktor musik yang terbaik yaitu musik rakyat, sedangkan faktor pencahayaan yang terbaik yaitu pencahayaan pada level 100 lux.
NOMOR INDUK: FTI/ID/SKRIPSI/00098/2012
NOMOR PANGGIL:
PEMBIMBING: Ir. Hotniar Siringoringo, MSc
TANGGAL SIDANG: 2005-09-03
TANGGAL PENYERAHAN: 2011-04-12 00:00:00
JENIS PENULISAN:SKRIPSI
FAKULTAS/JURUSAN: Teknologi Industri / Teknik Industri
FORMAT XML:XML Repository
URL PUBLISH:http://library.gunadarma.ac.id/repository/view/12586/analisis-pengaruh-lingkungan-fisik-kerja-terhadap-produktivitas-kerja.html
PETUGAS VERIFIKASI:

NoJenis DokumenFile Lihat
1
COVER
Cover.pdf      
2
LEMBAR PENGESAHAN
lembar pengesahan.pdf   
3
ABSTRAKSI
abstraksi.pdf      
4
KATA PENGANTAR
kata pengantar.pdf      
5
DAFTAR ISI
daftar isi.pdf      
6
DAFTAR TABEL
daftar tabel.pdf      
7
DAFTAR GAMBAR
daftar gambar.pdf      
8
DAFTAR LAMPIRAN
daftar lampiran.pdf      
9
DAFTAR LAMPIRAN
lampiran.pdf      
10
BAB I
bab 1.pdf   
11
BAB II
bab 2.pdf   
12
BAB III
bab 3.pdf   
13
BAB IV
bab 4.pdf   
14
BAB V
bab 5.pdf   
15
DAFTAR PUSTAKA
daftar pustaka.pdf   






Informasi Verifikasi Dari Pihak Perpustakaan


(** informasi dokumen Penulisan ilmiah ini ditampilkan terbatas. jika ingin membaca full text anda harus memiliki akun di perpustakaan universitas gunadarma atau akun studentsite ).

Untuk Keterangan lebih lanjut bisa menghubungi Pihak Perpustakaan Universitas Gunadarma.